Ketentuan Penyediaan Layanan PT Cyberindo Primatama (CP)
Ketentuan Penyediaan Layanan yang ditetapkan dibawah ini mengatur Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan oleh CP selaku penyedia, PELANGGAN disarankan untuk membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban PELANGGAN dalam menikmati Layanan.
Dengan mendaftar dan/atau menggunakan Layanan CP, maka PELANGGAN dianggap telah membaca, mengerti, memahami, dan menyetujui semua isi dalam Ketentuan Penyediaan Layanan. Ketentuan ini merupakan kesepakatan tertulis yang sah antara PELANGGAN dengan CP. Jika PELANGGAN tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi dari Ketentuan Penyediaan Layanan maka PELANGGAN tidak diperkenankan menggunakan Layanan sebagaimana yang dimaksud.
DEFINISI
- CP adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa multimedia berupa perancangan dan pengembangan situs internet (web developer), domain dan Web Hosting beserta penyediaan Layanan managed service (value added service) yang dapat disesuaikan permintaan dan/atau kebutuhan dari pengguna jasa.
- Layanan yang dimaksud Ketentuan Penyediaan Layanan ini terdiri atas Layanan Web Hosting dan/atau Layanan Domain yang disediakan kepada PELANGGAN, sebagaimana terdaftar dalam Formulir Pendaftaran masing-masing jenis layanan atau pihak lain yang dianggap telah diberikan wewenang oleh PELANGGAN, dengan demikian PELANGGAN bersedia untuk bertanggung jawab atas segala aktifitas username-nya dan wajib menjaga kerahasiaan password-nya masing-masing.
- Layanan Web Hosting adalah suatu layanan yang memungkinkan user untuk menyimpan berbagai informasi, gambar, video dan konten konten lainnya yang bisa diakses melalui internet.
- Layanan Domain adalah pendaftaran domain, renewal domain, transfer-in domain, transfer-out domain, pointing domain, pendaftaran SSL domain.
- PELANGGAN adalah pihak yang terdaftar sebagaimana tercantum dalam Formulir Pendaftaran yang disediakan oleh CP, baik atas nama diri sendiri, perusahaan maupun pihak yang diwakili berdasarkan surat kuasa dan/atau dokumen pembuktian lainnya yang sah secara hukum dan peraturan yang berlaku.
PENYEDIAAN LAYANAN
- PELANGGAN mengakui dan bertanggungjawab secara penuh bahwa informasi dan dokumen yang diserahkan kepada CP sebagai suatu persyaratan pendaftaran Layanan merupakan dokumen yang sah secara hukum dan memiliki kebenaran yang sejati.
- PELANGGAN dengan ini memahami segala risiko atas penggunaan dan/atau ketidaksanggupan Layanan yang disediakan oleh CP, untuk itu PELANGGAN bersedia membebaskan CP dari segala tuntutan ganti rugi baik yang bersifat materil maupun immateril dan bentuk pertanggungjawaban lain yang ditimbulkan dari adanya risiko tersebut.
- PELANGGAN berhak untuk menikmati segala manfaat dan keuntungan yang diperoleh melalui penyediaan Layanan ini dengan memperhatikan hukum dan peraturan yang berlaku di wilayah hukum Republik Indonesia.
- PELANGGAN wajib menunjuk seorang administrator yang akan menjadi PIC admin/teknis untuk berhubungan dengan CP, yang akan mewakili PELANGGAN dalam melakukan manajemen terhadap Layanan yang digunakan.
- Perjanjian maupun penyediaan Layanan antara PELANGGAN dengan pihak ketiga lain manapun bukan merupakan tanggung jawab dan bukan merupakan bagian dari Layanan CP.
- Dalam hal PELANGGAN hendak menghentikan sementara atau memutuskan Layanan, maka PELANGGAN wajib menyampaikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada CP.
- CP akan menyediakan pelayanan (customer care) 24 (dua puluh empat) jam sehari, 7 (tujuh) hari seminggu dan menerima pengaduan atau konsultasi teknis melalui telepon dengan nomor: 1500 – 780 atau email Web Hosting: webmaster@cyberprimatama.co.id dan e-mail Domain: domainhosting@cyberprimatama.co.id, apabila Layanan mengalami gangguan. Untuk Layanan tatap muka hanya berlaku pada hari dan jam kerja CP, yaitu Senin sampai dengan Jumat pukul 09:00 – 17:00 WIB, keadaan ini tidak berlaku pada kondisi Force Majeure.
LARANGAN DAN SANKSI
- Demi kenyamanan bersama, PELANGGAN Layanan Domain tidak diperkenankan untuk melakukan tindakan-tindakan yang disengaja sehingga mengganggu atau merugikan pihak lainnya, termasuk tidak terbatas pada:
- Tindakan atau usaha yang menimbulkan gangguan pada suatu jaringan atau sistem komputer atau menimbulkan ketidaknyamanan pihak lain.
- Aktivitas pemalsuan identitas dengan cara apapun sehingga menimbulkan ketidaknyamanan pihak lain.
- Aktivitas yang menimbulkan gangguan pada infrastruktur, jaringan, dan sistem CP.
-
Segala macam aktivitas yang merupakan pelanggaran terhadap peraturan dan kebijakan ICANN, IANA, APNIC, PANDI dan regulasi industri lain yang terkait dengan Layanan.
Syarat dan Ketentuan ICANN : https://www.icann.org/privacy/tos
Syarat dan Ketentuan PANDI : https://pandi.id/regulasi/
atau mengacu dari tautan masing-masing penyedia Layanan.
- Segala macam aktivitas yang bertujuan menyimpan, menyebarkan dan menggunakan materi yang mengandung, menyinggung, atau berhubungan dengan pornografi, sentimen suku, agama, ras dan antar golongan, perdagangan manusia, perjudian, pelanggaran terhadap hak atas kekayaan intelektual milik orang lain, tindakan hacking/spamming yang merugikan pihak lain, aktivitas yang menyebabkan keresahan, teror, dan ajakan makar; dan tindakan lain yang secara umum bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan atau norma kesusilaan.
- Segala macam aktivitas yang melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang hak kekayaan intelektual.
- Aktivitas pengumpulan dana serupa ponzi scheme, pyramid scheme, fraud, penipuan dan secara umum aktivitas lainnya yang dapat menimbulkan kerugian finansial bagi masyarakat banyak.
- Transaksi jual/beli barang dan jasa yang dilakukan tanpa izin termasuk namun tidak terbatas pada obat-obatan.
- Tindakan atau usaha lain yang dapat dianggap telah melanggar norma, hukum, dan peraturan yang berlaku di wilayah yuridiksi Republik Indonesia.
- Demi kenyamanan bersama, PELANGGAN Layanan Web Hosting tidak diperkenankan untuk melakukan tindakan-tindakan yang disengaja sehingga mengganggu atau merugikan pihak lainnya, termasuk tidak terbatas pada:
- Tindakan atau usaha yang menimbulkan gangguan pada suatu jaringan atau sistem komputer atau menimbulkan ketidaknyamanan pihak lain.
- Aktivitas pemalsuan identitas dengan cara apapun sehingga menimbulkan ketidaknyamanan pihak lain.
- Aktivitas yang menimbulkan gangguan pada infrastruktur, jaringan, dan sistem CP.
- Melakukan kegiatan diluar hal-hal yang telah digariskan di dalam File Transfer Protocol (“FTP Step”) yang petunjuknya disertakan dalam Lampiran Ketentuan Penyediaan Layanan ini.
- Memperjualbelikan Layanan Web Hosting yang diberikan CP kepada pihak ketiga lainnya.
- Tindakan atau usaha lain yang dapat dianggap telah melanggar norma, hukum, dan peraturan yang berlaku di wilayah yuridiksi Republik Indonesia.
- CP berhak untuk membekukan atau memutuskan Layanan sebelum PELANGGAN menyatakan untuk berhenti berlangganan dalam keadaan:
- PELANGGAN lalai melunasi kewajibannya sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan CP; atau
- PELANGGAN telah melakukan pelanggaran terhadap larangan-larangan sebagaimana telah diatur dalam ketentuan ini; atau
- Adanya permintaan dari pejabat penyidik negara guna kepentingan penyidikan sesuai peraturan dan hukum yang berlaku di Republik Indonesia.
Dalam hal terjadinya pengakhiran Perjanjian, CP dan PELANGGAN sepakat untuk mengesampingkan ketentuan Pasal 1266 KUHPerdata.
- Pembekuan atau pemutusan Layanan sebagaimana dijelaskan pada Pasal 15 akan diikuti/didahului dengan pemberitahuan/peringatan kepada PELANGGAN dan tidak menghapuskan kewajiban PELANGGAN untuk melunasi seluruh kewajiban yang terhutang.
- PELANGGAN dilarang untuk memberikan hadiah, tips dan/atau pemberian lainnya yang dapat dikategorikan sebagai suatu pemberian yang tidak diatur dalam ketentuan penyediaan Layanan kepada staf, afiliasi, pegawai, manajer, dan jajaran direksi CP.
JAMINAN DAN PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB
Layanan Domain
- CP dengan ini menjamin bahwa dirinya memiliki kapasitas yang diperlukan untuk melaksanakan kewajibannya sehubungan dengan penyelenggaraan Layanan CP bagi PELANGGAN.
- CP dan PELANGGAN dengan ini saling menjamin kepada satu dan lainnya bahwa dirinya masing-masing dalam melaksanakan hak dan kewajibannya yang timbul dari atau sehubungan dengan Perjanjian ini telah dan akan memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- CP tidak bertanggungjawab atas isi dan/atau konfigurasi dari aplikasi yang digunakan PELANGGAN baik sebagian maupun seluruhnya dalam Layanan CP yang digunakan PELANGGAN dan CP tidak bertanggungjawab atas adanya perubahan yang disebabkan oleh kelalaian PELANGGAN terhadap keamanan domain.
- PELANGGAN setuju untuk tidak mengajukan klaim dalam bentuk apapun sehubungan dengan downtime pada Layanan CP maupun akibat-akibat lain disebabkan oleh kelalaian tindakan PELANGGAN.
- CP tidak bertanggungjawab terhadap kerugian materil dan immateril yang diderita PELANGGAN akibat penghentian Layanan atas alasan pelanggaran terhadap Ketentuan Penyediaan Layanan ini, terhadap Perjanjian, hukum, peraturan, dan kewajiban administratif manapun.
- PELANGGAN dengan ini menyatakan mengetahui dan memahami bahwa:
- Nama domain diciptakan oleh PELANGGAN bukan CP.
- Penyedia Layanan domain (registrar) ada dan tersebar di seluruh dunia.
- Pemberian nama domain adalah berdasarkan prinsip first come first serve (tidak bisa di-booking).
- Nama domain yang diinginkan baru bisa didaftarkan apabila PELANGGAN sudah membayar biaya penggunaan Layanan.
- Lama berlangganan domain untuk PELANGGAN baru bisa didaftarkan adalah selama 2 tahun, dan renewal domain dilakukan untuk minimal 2 tahun ke depan dengan persetujuan tertulis dari PELANGGAN.
- PELANGGAN wajib sesegera mungkin melakukan pembayaran setelah setuju untuk berlangganan.
- CP tidak akan melakukan perpanjangan Layanan jika PELANGGAN tidak melakukan pembayaran.
Layanan Web Hosting
- PELANGGAN bertanggung jawab penuh atas pengiriman, penerimaan, dan penyebarluasan informasi, data, maupun file dalam bentuk apapun dengan menggunakan Layanan Web Hosting yang disediakan CP.
- PELANGGAN wajib mengikuti petunjuk dalam melakukan kegiatannya yang didasarkan pada FTP Step yang merupakan Lampiran pada Ketentuan Layanan Web Hosting ini dan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. CP tidak bertanggung jawab apabila PELANGGAN melakukan kegiatan di luar hal-hal yang telah digariskan di dalam FTP Step.
- CP tidak bertanggung jawab atas isi baik sebagian maupun seluruh dari situs PELANGGAN dan CP tidak bertanggung jawab atas adanya perubahan yang disebabkan oleh kelalaian PELANGGAN terhadap keamanan username/password-nya.
- CP tidak bertanggung jawab atas terjadinya kesalahan coding dan/atau scripting yang digunakan PELANGGAN.
- CP tidak bertanggung jawab apabila PELANGGAN melakukan kegiatan di luar hal-hal yang telah digariskan di dalam FTP Step.
- CP tidak bertanggung jawab atas kualitas layanan sehubungan dengan peralatan serta perlengkapan tambahan yang digunakan PELANGGAN untuk menikmati Layanan, sehubungan dengan ketidakcocokan penggunaan Layanan, atau adanya gangguan yang timbul dari pihak ketiga manapun, atau gangguan pada Internet Backbone, atau dalam hal dilaksanakannya tindakan pengamanan darurat dan peristiwa lainnya yang terjadi diluar kendali CP (Force Majeure).
- Layanan ini dinikmati PELANGGAN dengan menggunakan peralatan dan perlengkapan yang telah disediakan sebelumnya, serta disediakan melalui jaringan telekomunikasi yang telah terpasang dan dipilih sendiri oleh PELANGGAN. CP tidak bertanggung jawab atas kerugian yang disebabkan oleh kualitas atau gangguan pada perlengkapan atau jaringan telekomunikasi.
- CP berhak untuk melakukan scheduled maintenance atau tindakan/kegiatan lain yang dianggap perlu untuk meningkatkan kualitas layanan maupun dalam rangka pengamanan internal.
- PELANGGAN berhak untuk mendapatkan keterangan mengenai FTP Step baik melalui online support (melalui telepon) sesuai hari dan jam kerja CP secara gratis atau mendapatkan in house support (di kantor CP) setelah mengadakan perjanjian terlebih dahulu.
- CP berhak melakukan suspensi Layanan untuk sementara waktu dalam keadaan darurat dan mendesak yang dapat merugikan CP ataupun PELANGGAN.
- CP memberikan jaminan kepada PELANGGAN untuk dapat menggunakan Layanan dengan kondisi layanan minimal, yaitu 99,5% atau maksimal total downtime 3 (tiga) jam 30 (tiga puluh) menit setiap 1 (satu) bulan kalender dengan rumus yang tertulis pada Pasal 35.
- PELANGGAN berhak untuk mendapatkan penyesuaian tagihan atau restitusi apabila terjadi downtime yang akan diperhitungkan pada tagihan bulan berikutnya dengan perhitungan penyesuaian sebagai berikut:
SLB = (hM – Dt) / hM x 100%
R = (SLA – SLB) x MC
Dt = jumlah downtime (jam/menit) dalam satu bulan kalender
hM = jumlah waktu (jam/menit) dalam satu bulan kalender
MC = biaya berlangganan
SLB = Service Level yang terjadi perbulan
SLA = Service Level
R = Jumlah Restitusi yang diberikan.
BIAYA DAN PEMBAYARAN
Layanan Domain
- Atas penyediaan Layanan sesuai dengan jenisnya masing-masing, maka CP berhak atas biaya-biaya dengan ketentuan sebagai berikut ini:
- Biaya registrasi dan biaya berlangganan yang wajib dilunasi oleh PELANGGAN sesuai periode Layanan yang digunakan, berdasarkan tagihan yang diterima oleh PELANGGAN dari CP yang diinformasikan oleh CP melalui faktur tagihan/invoice yang dikirimkan ke PELANGGAN melalui media elektronik sesuai dengan alamat e-mail yang terdaftar di dalam sistem. Dalam hal PELANGGAN meminta pengiriman faktur tagihan/invoice cetak akan dikenakan biaya tambahan yang dimasukkan dalam faktur tagihan/invoice tagihan tersebut. Biaya berlangganan Layanan dihitung sejak tanggal aktivasi Layanan CP.
- Biaya-biaya lain yang dikenakan atas layanan-layanan tambahan (jika ada).
- CP akan melakukan pemberitahuan terkait waktu akan berakhirnya Layanan dan mengingatkan/reminder masa aktif Layanan 75 (tujuh puluh lima) hari kalender sebelum Layanan berakhir. Jika PELANGGAN tidak melakukan konfirmasi tertulis sampai 45 (empat puluh lima) hari kalender setelah e-mail reminder dikirimkan, maka secara otomatis Layanan tersebut tidak akan diperpanjang.
- 2 (dua) bulan sebelum waktu berakhirnya Layanan, maka CP akan mengirimkan invoice untuk perpanjangan Layanan.
- Tarif belum termasuk pajak dan pungutan lain yang diperlukan, yang dibebankan kepada PELANGGAN. Tarif layanan dapat berubah sewaktu-waktu dengan pemberitahuan paling lambat 14 (empat belas) hari kalender sebelum tanggal efektif perubahan, melalui default e-mail dan situs CP yang beralamatkan di https://domhost.cyberprimatama.id/domain
- PELANGGAN berhak untuk menambah nama domain baru. Hal ini akan dikenankan biaya administrasi dan biaya domain sesuai dengan nama domain yang ingin didaftarkan.
- PELANGGAN tidak diperkenankan untuk melakukan pembayaran tagihan secara tunai melalui karyawan dan/atau petugas CP di lokasi. Pembayaran hanya dapat dilakukan melalui Rekening Virtual Account BCA, Virtual Account CIMB Niaga dan Credit Card dengan nomor rekening yang sudah tertera di dalam invoice.
- Segala kewajiban pajak yang timbul dengan adanya kerjasama ini menjadi tanggung jawab masing-masing pihak.
- PELANGGAN akan dikenakan biaya penalty dengan detail sebagai berikut:
- Berlangganan Layanan (domain PANDI) sebesar 500% dari biaya berlangganan apabila PELANGGAN tidak melakukan pembayaran sampai dengan tanggal jatuh tempo pembayaran dan menyebabkan status Layanan masuk dalam masa PendingDelete.
- Berlangganan Layanan (domain Webnic/Internic) sebesar 1000% dari biaya berlangganan apabila PELANGGAN tidak melakukan pembayaran sampai dengan tanggal jatuh tempo pembayaran dan menyebabkan status Layanan masuk dalam masa PendingDelete.
Layanan Web Hosting
- Atas penyediaan layanan sesuai dengan jenisnya masing-masing, maka CP berhak atas biaya-biaya berikut ini:
- Biaya registrasi dan biaya berlangganan yang wajib dilunasi oleh PELANGGAN sebelum layanan dimulai, berdasarkan tagihan yang diterima oleh PELANGGAN dari CP yang diinformasikan oleh CP melalui faktur tagihan/invoice yang dikirimkan ke PELANGGAN melalui media elektronik sesuai dengan alamat e-mail yang terdaftar di dalam sistem. Dalam hal PELANGGAN meminta pengiriman faktur tagihan/invoice cetak akan dikenakan biaya tambahan yang dimasukkan dalam faktur tagihan/invoice tagihan tersebut. Biaya berlangganan Layanan dihitung sejak tanggal aktivasi Layanan CP.
- Biaya berlangganan Layanan (billing charge) dihitung sejak situs PELANGGAN dapat di-browse dan CP telah memberitahukan secara tertulis melalui e-mail PELANGGAN.
- Biaya-biaya lain yang dikenakan atas layanan-layanan tambahan (jika ada). Layanan tambahan ini akan didahului permohonan tertulis dan fotokopi identitas dari PELANGGAN.
- Biaya berlangganan sesuai dengan jenis layanan dan fasilitas tambahan sesuai dengan permintaan PELANGGAN, wajib dilunasi paling lambat tanggal 25 (dua puluh lima) setiap bulan penagihan.
- Tarif belum termasuk pajak dan pungutan lain yang diperlukan, yang dibebankan kepada PELANGGAN. Tarif layanan dapat berubah sewaktu-waktu dengan pemberitahuan paling lambat 14 (empat belas) hari kalender sebelum tanggal efektif perubahan, melalui default e-mail dan situs CP yang beralamatkan di https://domhost.cyberprimatama.id/web-hosting
- PELANGGAN berhak berhenti berlangganan dengan memberikan pemberitahuan tertulis 14 (empat belas) hari kalender sebelum tanggal akhir bulan pemutusan yang diinginkan.
- Keberatan tagihan layanan harus diajukan paling lambat 7 (tujuh) hari kalender sebelum tanggal jatuh tempo. Jika tidak mengajukan keberatannya dalam jangka waktu tersebut, maka PELANGGAN akan dianggap bersedia dan oleh karena itu wajib melunasi tagihannya.
-
PELANGGAN berhak untuk mengajukan perubahan jenis maupun fasilitas Layanan. Perubahan ini akan dikenakan biaya administrasi sesuai dengan perubahan yang dimohonkan PELANGGAN.
Dalam hal PELANGGAN menggunakan Layanan Domain beserta Layanan Web Hosting, dan PELANGGAN lalai melakukan kewajiban pembayaran Layanan Web Hosting sebagaimana yang diatur dalam Ketentuan Penyediaan Layanan ini, maka CP berhak untuk melakukan pembekuan Layanan Web Hosting yang didahului dengan pemberitahuan tertulis kepada PELANGGAN, apabila setelahnya PELANGGAN tetap tidak memenuhi kewajiban pembayaran tersebut maka CP berhak melakukan pemutusan permanen seluruh Layanan dalam akun PELANGGAN dengan pemberitahuan tertulis sebelum tanggal pemutusan.
HUKUM DAN LAIN-LAIN
- Tidak dilaksanakannya sebagian atau seluruh Ketentuan ini oleh salah satu atau kedua belah pihak tidak termasuk sebagai pelanggaran atas Ketentuan jika hal-hal tersebut disebabkan oleh keadaan Force Majeure (keadaan memaksa).
- Yang termasuk Force Majeure adalah kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga, berdampak luas dan yang terjadi diluar kekuasaan manusia dan diluar kemampuan para pihak untuk mengatasinya, yaitu peristiwa-peristiwa atau bencana alam, wabah penyakit (epidemi), terorisme, kegagalan total komunikasi, pemberontakan, huru-hara, perang, kebakaran, sabotase, pemogokan umum, petir, putus aliran listrik, atau perubahan keadaan karena adanya peraturan pemerintah.
- Isi dan pelaksanaan ketentuan ini tunduk kepada peraturan dan hukum yang berlaku di wilayah yurisdiksi Republik Indonesia.
- Dalam hal timbulnya perselisihan akibat isi dan pelaksanaan ketentuan ini, maka akan diselesaikan secara musyawarah langsung antara PELANGGAN dan CP.
- Apabila PELANGGAN dan CP tidak dapat menyelesaikan perselisihan secara musyawarah, maka PELANGGAN dan CP sepakat untuk menempuh jalur hukum dan menunjuk Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sebagai domisili hukum umum dan tetap.
- CP bertanggung jawab untuk merahasiakan segala informasi data-data Pelanggan sebagaimana didaftarkan, kecuali untuk kepentingan penyelidikan Kepolisian Negara Republik Indonesia atau keadaan lain yang telah diatur menurut hukum yang berlaku di wilayah yurisdiksi Republik Indonesia.
- CP berhak merubah isi dan Ketentuan ini sewaktu-waktu dan PELANGGAN berhak menyatakan keberatan atas perubahan tersebut serta berhenti menggunakan layanan. Setiap perubahan dapat dilihat pada situs CP yang beralamatkan di https://domhost.cyberprimatama.id/support/term-and-condition
- Pemutusan Layanan akibat permintaan atau kelalaian PELANGGAN dalam memenuhi ketentuan ini tidak menghapuskan kewajiban yang terhutang atas penggunaan Layanan.
- Terhadap segala informasi mengenai CP maupun PELANGGAN yang timbul dengan adanya penyediaan Layanan ini akan menjadi rahasia bagi CP maupun PELANGGAN meskipun penyediaan Layanan telah berakhir. Oleh karenanya baik CP maupun PELANGGAN tidak akan membukanya kepada pihak ketiga tanpa adanya persetujuan dari CP maupun PELANGGAN untuk maksud dan/atau tujuan apapun selain yang diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan.
KEBIJAKAN PRIVASI DATA
Layanan Domain
- CP berkomitmen untuk melindungi data pribadi/perusahaan PELANGGAN. Dengan menggunakan Layanan kami, Anda dianggap telah menyetujui Kebijakan Privasi Data ini.
- CP berusaha sebaik-baiknya untuk menjaga data pribadi/perusahaan PELANGGAN dari pihak-pihak yang tidak berwenang untuk mendapatkan data tersebut.
- Data dianggap bukan data rahasia dan CP dibebaskan dari kewajiban untuk melindunginya apabila data telah menjadi bagian dari domain publik dan diketahui secara umum sebagai akibat dari kebijakan pihak-pihak yang berwenang untuk mempublikasikannya seperti di dalam WHOIS domain dan lain-lain.